BERITA

by

posted date: 2016-04-04

Surabaya, (30/3/2016)  - Staf Perpustakaan Kemenko PMK menghadiri Seminar Revolusi Mental Dengan MEMBACA, untuk meningkatkan budaya baca di kalangan masyarakat pada umumnya dan masyarakat Jawa Timur khususnya, yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Provinsi Jawa Timur pada Rabu, 30 Maret 2016, di ruang pertemuan Bapersip Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Penyelenggaraan Seminar tersebut bekerjasama dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Jawa Timur.

Seminar dibuka secara resmi oleh Kepala Bapersip Provinsi Jatim, Drs. Sudjono,MM. Dalam kesempatan tersebut, Sudjono mengatakan bahwa tingkat baca masyarakat Jawa Timur pada tahun hanya 46 persen dan dengan gerakan pemasyarakatan minat baca menjadi meningkat menjadi 66 persen pada tahun 2016. Hal ini atas kerja keras secara sinergis dan kerjasama yang baik antara PKK Tingkat Provinsi Jatim dengan Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se Jatim.

Berkat kerja keras dari jajaran Bapersip Provinsi dan Kabupaten/Kota, Gubernur Jatim Pakde Karwo mendapat penghargaan Bunda Baca Provinsi Jawa Timur. Sementara itu prestasi yang diraih Provinsi Jawa Timur tingkat nasional adalah dengan Juara Perpustakaan Desa Tingkat Nasional adalah Perpustakaan Kaum SAMIN di Desa Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.

Dalam seminar ini sebagai narasumber adalah Dra.Ec. Trini Haryanti, M.Si, CEO Yayasan pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dengan paparan REVOLUSI MENTAL DENGAN MEMBACA dan Wibowo Purnomohadi, S.Sos sebagai Sekretaris Forum Taman Baca Masyarakat Jatim memaparkan tentang Revolusi Mental dilihat dari sisi para tokoh. Dalam kesempatan tersebut, Trini mengatakan bahwa Revolusi Mental bisa dipengaruhi oleh membaca dengan level tertentu yang sudah menjadi kebiasaan yang memang sudah dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Dengan membaca akan menjadikan masyarakat menjadi cerdas, berkualitas yang akan menguatkan Indonesia menjadi luar biasa.

Dalam Seminar ini juga diselenggarakan Rapar kerja GPMB kabupaten/kota seluruh Jatim. Hadir dalam kegiatan ini antara para pejabat perwakilan dari Pemda Kabupaten/kota seluruh Provinsi Jatim, Perguruan Tinggi, Guru, dan praktisi perpustakaan maupun pendidik. (Gs/Rh).  

 

Kembali