BERITA

by

posted date: 2016-10-13

Bogor, 22 September, Bulan September dalam kalender nasional memiliki dua momen penting. Bulan kesembilan itu dijadikan sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Dua momen tersebut penting untuk mendongkrak minat baca buku masyarakat Indonesia. Minat masyarakat membaca buku masih rendah. Dalam rangka memperingati Hari Kunnjung Perpustakaan  tersebut, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) yang lokasi di Kota Bogor menyelenggarakan Seminar Forum Perpustakaan Khusus Kementerian/Lembaga Non Kementerian. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 22 September 2016 di PUSTAKA, Jl. Juanda, Kota Bogor.

Seminar yang bertemakan “Apps for Librarian: Peluang dan Tantangan Dalam pengelolaan Perpustakaan K/L” dibuka oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Kementerian Pertanian Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc.

Dalam Seminar tersebut ada 2 (dua) narasumber yaitu Indra Yustiawan dari “ijakarta” menyampaikan paparan tentang  Developing ijakarta ( Perpustakaan digital berbasis media sosial). Program ini telah berkembang dan banyak pengguna diantaranya Pemda DKI, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Perguruan Tinggi dan lain lain.

Sedangkan narasumber kedua adalah Lingga Wastu dengan paparan” Social Media Help Librarian and Deliver New Information”. Dengan program ini, perpustakaan bisa dikembangkan  melalui promosi, sosialisasi sampai sejauh mana koleksi perpustakaan yang dimilikinya. Dengan program ini diharapkan  adanya peningkatan interaksi antara perpustakaan dengan pengguna perpustakaan itu sendiri.(Gs).

Kembali