BERITA

by

posted date: 2021-03-04

Jakarta (03/03/2021) – Dalam meningkatkan pengetahuan tentang kepustakawanan, Perpustakaan Kemenko PMK hadir onsite dalam acara diskusi tentang kepustakawanan di Perpustakaan Nasioanal Salemba, Jakarta. Acara ini diisi oleh moderator Pustakawan Ahli Utama, Titiek Kismiyati dan Adriyati yang akan membahas tentang Sertifikasi Profesi Pustakawan dan Kiat Pustakawan Kompeten dalam Sertifikasi.

Dalam pembahasanya masing-masing narasumber menjelaskan tantangan era globalisasi dalam pengembangan SDM. Tersedianya SDM yang kompeten dan profesional merupakan syarat mutlak untuk menghadapi ketatnya persaingan secara nasional dan internasional. Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem sertifikasi kompetensi kerja yang dapat menjamin bahwa pemegang sertifikat memiliki kompetensi kerja sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.

Sertifikasi pustakawan merupakan proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui assesment dengan mengacu pada SKKNI bidang perpustakaan terhadap Pustakawan. Output dari sertifikasi ini adalah sertfikat kompetensi pustakawan, pengakuan atas penguasaan kompetensi pada bidang perpustakaan yang dikeluarkan oleh LSP Pustakawan.

Adapun tujuan dari sertifikasi pustakawan ini adalah membantu tenaga profesi kepada organisasi/ industri/ klienya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa. Selain itu, juga untuk membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri tenaga profesi, serta membantu tenaga profesi dalam merencanakan karirnya.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang hadir secara onsite maupun yang mengikuti secara daring/ virtual.

(Anggun Wahyu Pratama)

Kembali