BERITA

by

posted date: 2021-08-30

Jakarta (30/08/21) - Pandemi covid-19 ini memberikan dampak yang begitu besar ke seluruh elemen masyarakat tidak terkecuali lembaga informasi seperti perpustakaan. Mulai dari koleksi yang sudah tak tersentuh lagi, kondisi rak buku yang berdebu, ruang baca yang sepi tanpa pemustaka hingga sepinya ruang kerja pengelola perpustakaan karena adanya jadwal work from home (WFH) dan work from office (WFO) dengan tujuan pembatasan kegiatan pegawai. Perpustakaan sebagai sumber informasi, tempat rekreasi, tempat belajar, tempat berdiskusi banyak yang ditutup sementara dikarenakan keberadaan virus ini. Layanan langsung koleksi fisik milik perpustakaan juga terhenti sementara.

Perpustakaan harus memikirkan inovasi atau ide kreatif untuk bergerak lebih dinamis. Artinya perpustakaan harus memberikan pelayanan, karena jika perpustakaan tidak berjalan, maka masyarakat pun akan kesulitan mencari kebutuhan informasi yang diinginkan. Hal ini juga dirasakan oleh Perpustakaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam memberikan kebutuhan informasi kepada pegawai Kemenko PMK.

Untuk meningkatkan kebutuhan informasi pegawai Kemenko PMK, Perpustakaan menghadirkan sebuah inovasi layanan peminjaman buku-buku fisik perpustakaan, yaitu layanan Go Book. Layanan Go Book ini adalah layanan dengan konsep pinjam-pesan-antar yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pegawai Kemenko PMK yang tidak sempat datang ke perpustakaan untuk meminjam buku-buku fisik perpustakaan. Pegawai yang ingin meminjam tinggal memesan buku yang diinginkan dan langsung diantarkan kepada pegawai yang bersangkutan baik yang WFH dan WFO. Berikut adalah tata cara peminjaman buku dengan menggunaakan layanan Go Book:

  1. Membuka link Google form layanan Go Book : https://s.id/GoBookPMK
  2. Melengkapi data-data pada Google form layanan Go Book
  3. Mengunjungi website Perpustakaan Kemenko PMK : perpustakaan.kemenkopmk.go.id
  4. Pilih menu “ catalog ”pada website perpustakaan Kemenko PMK
  5. Pada kolom search pilih judul atau pengarang yang diinginkan
  6. Klik buku yang diinginkan, setelah itu copy judul dan kode barcode atau kode buku
  7. Salin atau paste judul dan barcode buku ke google form layanan Go Book
  8. Tekan submit atau kirim

Buku yang dipesan oleh pegawai Kemenko PMK akan diantarkan langsung oleh pustakawan ke unit kerja pegawai. Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca pegawai di lingkungan Kemenko PMK.

Infografis : Anggun Wahyu Pratama

Caption Berita : Anggun Wahyu Pratama

Kembali